Friday, November 7, 2008

4 A MENUJU KOMUNIKASI YANG GEMILANG

Kemampuan untuk berkomunikasi pada saat sekarang ini telah menjadi sebuah keharusan bagi semua karyawan atau calon karyawan sebuah perusahan dan bahkan sudah menjadi sebuah life sytle yang sangat penting.


Selain daripada kemampuan anda membaca, menulis, berbicara dan kemampuan mendengar, komunikasi saat ini merupakan jantung dari segala yang anda lakukan di tempat kerja yang paling penting adalah tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik dan tujuan organisasi tercapai.


Sejalan dengan perkembangkan karier anda, anda akan menemukan bermacam-macam bukti bahwa kemapuan berkomunikasi secara efektif adalah sangat penting. Kemapuan berkomunikasi dengan baik akan banyak membantu anda dalam hal;


Anda akan merasa aman dan nyaman dalam menjalankan interview, sebuah lamaran yang dilakukan dengan baik akan mendapat kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan perhatian dari perusahaan yang sedang mencari karyawan.


Mendapatkan Kerja, anda harus mempu berbicara dan mendengarkan selama dalam jalannya interview sehingga anda tahu kapan untuk menonjolkan diri anda dan mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan.


Lakukan pekerjaan anda dengan baik, di hampir semua jenis pekerjaan, anda harus melakukan komunikasi untuk mendapatkan informasi, diskusi permasalahan, memberikan instruksi dalam kerja team anda, dan dalam berinteraksi dengan rekan sekerja anda dan klien (customer). Untuk mencapai suatu kerjasama dan efektivitas dalam teamwork, kemampuan berkomunikasi sangatlah diandalkan. Dengan seringnya anda berkomunikasi tempat kerja anda pun akan menjadi lebih terbuka (global), sehingga menuntut sesorang untuk tahu bagaimana berkomunikasi dengan baik dalam lingkungan sangatlah penting apalagi dalam lingkungan yang yang cendrung berubah dan terus berubah.


Perkembangan karier lebih lanjut, biasanya pemilik perusahaan cenderung menginginkan karyawan-karyawannya untuk dapat mengembangkan dirinya sendiri, mempunyai inisiatif, mampu menyelesaikan persoalannya dan mempunyai minat untuk ikut berkembanga dengan perushaan dalam jangka panjang. Jika anda ingin dilihat sebagai seorang karyawan yang menpunyai kemampuan dan dianggap penting dalam perusahaan, anda tidak hanya dituntut untuk mampu menyelesaikan pekerjaan rutin anda saja tetapi anda juga di tuntut harus mampu berkomunikasi menyampaikan buah pikiran anda bagaimana dan kemana arah perusahan akan bergerak and jenis produk atau bagaimana supaya service lebih baik.


Cara orang-orang berkomunikasi dengan sesama akan membuat semua menjadi berbeda antara efisiensi dan ketidak mampuan, sukses dan kegagalan, meraih keuntungan atau rugi, mempunyai banyak teman atau tidak sama sekali.


Disini ada beberapa langka sederhana yang dapat anda ikuti untuk menuju komunikasi yang gemilang:


ATTENTION (Perhatian)


Langkah pertama dalam process komunikasi adalah bagaimana anda bida untuk mendapatkan perhatian. Untuk mendapatkan perhatian dari atasan anda harus mampu menjalanlan 4 hal seperti tersebut di bawah ini:


vKendalikan semua unsur jelek anda – seperti kebisingan, perilaku jelek, kebiasan jelek, permasalahan emosional, sikap-sikap negatif.


vBisakan memberikan sapaan dengan baik.


vBisakan menghormati orang lain, dan


vTunjukan rasa simpatik anda terhadap orang lain.


APPRECIATION (Menghargai)


Menghargai orang lain adalah tahap yang sangat penting. Ini adalah pekerjaan komunikator dalam suatu pemahaman, jadi itulah yang disebut dengan penerimaan pesan secara positif. Untuk memastikan langkah ini dapat berhasil, anda harus mampu membangun hubungan baik antaran si pengirim pesan dengan penerima dan arus input dari penerima.


ASSIMILATION (Pemahaman)


Mampu menghargai saja, tidaklah cukup. Seseorang mungkin mengerti sebuah pesan yang ia terima tetapi tidak mampu mencernanya secara penuh.


Komunikasi dapat dikatakan lengkap apabila si penerima pesan mampu memahami informasi yang disampaikan oleh pemberi pesan serta mampu menyerapnya dan dapat meneruskannya dengan baik. Pemahaman selalu membawa anda untuk berpartisipasi aktif, berkolaborasi dan keharmonisan.


ACTION (AKSI)


Langka terakhir adalah membawa teori-terori tersebut di kehidupan nyata yang positif. Sering sekali, sebuah ide yang baik selalu menemui hambatan pemahamansehingga dalam penerapannyatidak selalu sesuai dengan apa yang dikehendaki/diharapkan.


Apabila pemahaman dijadikan prioritas utama maka semua informasi dari penerima pesan akan bergerak secara automatis sesuai dengan informasi yang diserap.


Keduanya akan menjadi sebuah kekuatan komunikasi yang alami, sehingga pesan yang diterima dari originator akan selalu mendapat tindaklanjut, dukungan dari penerima.


Sebuah organisasi yang sukses tentu akan mengerti bahwa mereka juga akan sukses pada dunia bisnes saat ini, komunikasi yang baik pada tiap level organisasi adalah penting, semakin banyak anda memperhatikannya anda akan semakin memperoleh keuntung darinya....


Goodluck....semoga memberikan mamfaat.


Silakan tinggalkan komentar anda dibawah ini, Thank’s

No comments:

Best Deal Hotel in Batam Indonesia

Photobucket

.

Mother Day's

Female Store Banner


Search Engine Optimization

Great Deal Hotel

Hotels Combined .com